SMPN 4 Bukittinggi menerima kunjungan dari Direktorat SMP Dikdasmen Kemdikbudristek Hutomo Kurniadi, S.E, MBA

Bukittinggi, Humas SMPN 4 – Dalam rangka pendampingan Pemberian Bantuan Pemerintah untuk pelaksanaan Program Sanitasi SMP tahun 2021, SMPN 4 Bukittinggi menerima kunjungan dari Direktorat SMP Dikdasmen Kemdikbudristek Hutomo Kurniadi, S.E, MBA selasa (30/10).

Kunjungan tersebut diterima langsung Kepala SMPN 4 Bukittinggi Almasri bersama Waka Sarpras Aswardi dan Waka Humas Pit Sandra diruang kerja kepala sekolah.  Kedatangan tim Kemdikbudristek  terkait dengan pengucuran bantuan Pemerintah Pusat yang diterima SMP yang berlokasi di Jl Panorama itu beberapa waktu lalu. Tahun ini SMPN 4 Bukittinggi memperoleh bantuan dana sanitasi sekolah sebesar RP. 60 juta. 

Diketahui bahwa Sekolah yang kini sedang dalam tahap renovasi tersebut, telah memanfaatkan dana bantuan dari Pemerintah Pusat ini untuk pengadaan tempat cuci tangan fortable tiga sisi sejumlah 5 unit, penambahan tempat sampah sebanyak 11 unit, pembenahan Running Text didepan pintu masuk sekolah dan untuk keperluan sanitasi lainnya. Hal itu dikemukakan Kepala SMPN 4 Bukittinggi, Almasri melalui Waka Sarpras Aswardi dalam laporan pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan pemerintah sanitasi SMP tahun 2021. 

Sungguhpun selama masa pandemi SMPN 4 Bukittinggi telah memiliki sarana cuci tangan, namun masih bersifat manual menggunakan galon yang belum memadai. Termasuk ketersediaan bak sampah yang kurang jumlah jika dibanding dengan jumlah warga sekolah yang mencapai 1.000 orang, sehingga diperlukan pembenahan dan penambahan disetiap lokasi yang ada. 

 “Kita sangat berterima kasih kepada Pemerintah atas bantuan sanitasi ini, semoga secara bertahap dapat melengkapi kekurangan yang ada selama ini dan dapat meningkatkan pelayanan kepada siswa dan warga sekolah yang ada di SMPN 4 ini” ujar Almasri.  

Usai berdialog di ruang kerja Kepala Sekolah, Direktorat SMP Dikdasmen Kemdikbudristek Hutomo Kurniadi, S.E, MBA selanjutnya meninjau sejumlah lokasi di SMPN 4, diantaranya  toilet siswa, ketersediaan air bersih, penempatan bak sampah, cuci tangan fortable, dan fasilitas pendukung lainnya. Hutomo mengatakan, dengan kelengkapan fasilitas yang ada di SMPN 4 saat ini, hal yang paling penting diperhatikan adalah tersedianya pelayanan yang memadai dari segi toilet dan air bersih. Ia berharap pembenahan sanitasi, pipa air, sumber air, bak penampungan air dan kebersihan dapat menjadi prioritas utama untuk mewujudkan kenyamanan siswa dan warga sekolah.   

Selain itu dari segi kebersihan, Hutomo bahkan menyarankan, agar sekolah dapat mengagas sistem jajan di kantin dengan cara isi ulang (refill) bagi warga sekolah.”siswa dapat membawa tempat makan sendiri, jajan dikantin langsung dimasukkan kedalam kotak makan masing-masing, sehingga meminimalisir jumlah sampah plastik dan bungkus makanan lainnyadan tidak membutuhkan banyak tong sampah dan petugas sampah disekolah”, terangnya.Usai berkeliling SMPN 4 Bukittinggi dan memberikan sejumlah motivasi kepada siswa, Hutomo melanjutkan kunjungannya ke SMPN 6 Bukitinggi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =