Pementasan Gerakan Seni Masuk Sekolah (GSMS)

Bukittinggi, 11/11

Tiga sekolah yang melaksanakan program Gerakan Seni Masuk Sekolah (GSMS) di Kota Bukittinggi Sabtu, (11/11) di Objek Wisata Benteng For de Kock akan menampilkanpementasan. Pementasan ini merupakan hasil Pembinaan Seni yang dilakukan oleh para seniman pada masing-masing sekolah yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Kepala SMPN 3 Kota Bukittinggi Joni Ahmadi salah satu sekolah yang bakal tampil  mengatakan anak didiknya siap tampil untuk menunjukkan kepada masyarakat/publik, bakat seni itu ada pada setiap diri pelajar. Pasalnya, bagaimana sekolah dapat membangkitkan dan memotivasi agar bakat itu dapat disalurkan secara baik.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar yang telah menetapkan sekolah yang dipimpinnya sebagai pelaksana GSMS. Adapun cabang seni yang dipilih, ujar mantan kepala SMPN 5 Bukittinggi itu  adalah seni musik dan tari. Besok (Sabtu, 11/11) anak-anak akan menampilkan tari menanti tamu sekaligus dikemas dengan musik tradisional secara life.

Jadi, sekolah yang melaksanakan GSMS hari itu akan menampilkan hasil pembinaan yang dilakukan oleh para seniman. SMPN 4 akan menampilkan seni  rupa. Sedangkan SDN 05 Tarok Dipo Kecamatan Guguak Panjang akan mementaskan drama yang berisi pesan-pesan pendidikan.

Terpisah, Kepala Disdikbud Kota Bukittinggi Melfi Abra mengapresiasi kegiatan pementasan dari sekolah pelaksana GSMS. Apalagi pementasan hasil pembinaan seniman itu dilaksanakan di objek wisata, tentu masyarakat akan mendapatkan tontonan menarik dan bisa menilai berhasil/tidak program GSMS ini.

Menurut mantan Kepala Dinas Pariwisata Bukittinggi itu, pembinaan seni di sekolah akan sangat tepat bila dilatih oleh orang yang ahli di bidang itu. Jadi, “gujali, pulang ka gujalo”. Artinya, suatu pekerjaan akan berhasil dan bermanfaat bila diserahkan kepada ahlinya.

Melfi mengakui, di sekolah memang ada guru kesenian. tetapi untuk mencapai  prestasi yang membanggakan perlu melibatkan seniman yang ahli di bidangnya. Contoh, daerah yang sukses menjadi juara pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sumbar pasti ditangani pelatih yang memang ahli di bidangnya. Kebanyakan tenaga ahli itu berada di STSI Padang Panjang. (als)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 17 =